Guru CPNS Harusnya Mengajar di Daerah Terpencil Dulu

Tak ada kekurangan guru di Indonesia. kelangkaan guru di daerah terpencil lebih karena sebab peletakan yg tidak rata. Sekjen Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) Retno Listyarti menyampaikan semestinya pemerintah bikin ketentuan baru, yakni Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) guru mesti diletakkan di daerah kekurangan guru sepanjang dua th.. " Sesudah mereka dua th. di daerah terpencil atau paling jauh, baru mereka diangkat jadi PNS serta diletakkan di daerahnya sendiri, " tutur Retno di Jakarta, Kamis, (23/10).

Guru CPNS, kata Retno, umumnya anak muda yang barusan lulus kuliah. Mereka belum menikah hingga umumnya bersedia diletakkan dimana saja. Mereka dapat diletakkan ke daerah yang kekurangan guru, seperti di Nias, Mentawai, NTT, NTB, Papua. Guru-guru di daerah yang terpencil umumnya masih tetap kekurangan.

Jikalau ada guru di daerah terpencil, kata Retno, kadang-kadang mereka pergi ke kota untuk mengambil upah dapat dua minggu lamanya. Baru dua minggu lalu datang untuk mengajar lagi. Bila guru muda yang diletakkan disana. Ini jadi jadi tantangan untuk mereka hingga mereka dapat mengajar penuh semangat, " tutur Retno. Bila umpamanya guru CPNS tidak ingin diletakkan di daerah terpencil, kata Retno, jadi ia tak penuhi tugasnya hingga tak dapat diangkat jadi PNS. Dengan pola ini pasti beberapa guru ingin diletakkan di daerah jauh serta terpencil yang kekurangan guru.