Siswa SMK Lebih Diserap Lapangan Kerja dan Kompetitif

Untuk instansi pendidikan satu tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) melahirkan lulusan yang dapat segera diserap didunia industri atau perusahaan adalah tujuan paling utama. Tidak lupa, menanamkan semangat berkompetisi untuk beberapa siswanya. ‘’Pembelajaran teori serta praktik bukan sekedar dikerjakan didalam kelas. Namun dikerjakan didunia industri lewat praktik kerja industri di perusahaan-perusahaan yang relevan, ’’kata kepala Sekolah SMKN 4 Kota Bandung, Iwa Wiswara Syamsu, MPd, Ahad (21/9).

Karenanya, kata Iwa, praktik kerja industri ke beberapa perusahaan adalah aktivitas yang harus diikuti oleh peserta didik. Bahkan juga, kata dia, pihaknya senantiasa mengutamakan pada peserta didik yang ikuti kerja praktik supaya memakai peluang itu sebaik-baiknya. Saat sebelum mereka dilepaskan ikuti pratek kerja di beberapa perusahaan, beberapa guru memberi pembekalan yang optimal pada peserta didik.

Juga sebagai satu diantara SMK favorite di Kota Bandung, SMKN 4 juga mempunyai beberapa prestasi baik di tingkat propinsi, nasional, bahkan juga internasional. Satu diantara prestasi, yakni meletakkan peserta didiknya juga sebagai juara dalam aktivitas lomba kompetensi siswa (LKS) tingkat nasional yang di gelar Agustus 2014 lantas di Palembang.

Dalam arena aktivitas bergengsi ini, SMKN 4 menyabet gelar juara I bagian lomba software application. Sesaat, di tingkat internasional, Resti Pujiarti Tririzka, siswi jurusan rekayasa piranti lunak (RPL) turut dan dalam lomba photo lingkungan hidup yang di gelar The University of New South Wales (UNSW) Sydney, Australia.

Dalam arena ini Resti mengemukakan opini tentang permasalahan lingkungan serta pemecahannya di bagian elektrokimia. Atas debutnya di arena itu th. 2014 ini, ia jadi juga jadi pemenang hadiah 3. 000 dolar Australia. ‘’Ini sangatlah membanggakan untuk saya serta sekolah, ’’kata Iwa.