Apa Itu Pendidikan Berbasis Pancasila?

Pengamat pendidikan Darmaningtyas menyampaikan, pendidikan semestinya berdasarkan pada Pancasila. Karena pendidikan Pancasila mengutamakan pada nilai gotong royong serta empati pada sesama. Pendidikan Pancasila itu bagaimanakah mengajarkan anak untuk gotong royong. Bagaimanakah mengajarkan anak untuk musyawarah mufakat untuk merampungkan masalah, bangun kerukunan. Persatuan dapat kita maknai kerukunan, " tuturnya di Jakarta.

Menurut dia, pendidikan pancasila didapat dari luar sekolah. Seperti bermain serta bercanda. " Saya sangka Pancasila, ya itu. Dengan kemanusiaannya, dengan kemusyawaratan mufakatnya. Itu yaitu basis, " lanjut dia. Dia mencotohkan, warga yang terserang tsunami di Aceh. Yang memiliki rumah di Aceh cuma jadi pemirsa saat orang lain menolong. Lantaran telah ada orang lain yang kerjakan. Sedang di Yogyakarta waktu terkea gempa, warga disana bergotong royong bangun rumah dengan cara bertukaran.

" Nah, ini dia sesungguhnya pendidikan gotong royong yang hilang dari kita, " imbuhnya. Ia menuturkan, pendidikan saat ini cuma mengutamakan pada pertandingan, sertifikasi serta standardisasi. Hal semacam itu yang membuat ciri-ciri pendidikan sekarang ini. Walau sebenarnya semestinya pendidikan itu berbasis budaya. " Bila demikian pendidikan itu menolong budaya bukanlah malah bukanlah jadi mencabut anak-anak dari akar budaya, " terang dia.