SMKN 5 Kota Bandung, Mengikuti Kebutuhan Pasar

Gunakan surut pendidikan kejuruan dihadapi oleh SMK Negeri 5 Kota Bandung. Sekolah yang berdiri pada 2 Oktober 1965 ini sudah alami banyak pengalaman dalam penyelenggaraan pendidikan kejuruan. Satu diantara kunci yang dipegang oleh pengelola sekolah supaya terus eksis serta dapat melahirkan sumber daya manusia (SDM) yang siap gunakan, yakni ikuti keperluan pasar tenaga kerja, baik di tanah air ataupun luar negeri.

Dengan prinsif ini, sekolah yang berlokasi di Jl Bojongkoneng No 37 A, Kelurahan Sukapada, Kecamatan Cibeuying Kidul, Kota Bandung ini dapat bertahan bahkan juga jadi satu diantara sekolah yang banyak diminati peserta didik. Saat tehnologi info (TI) mulai jadi satu diantara bagian unggulan serta banyak diminati, sekolah ini tidak segan-segan buka kompetensi ketrampilan tehnologi computer jaringan (TKJ) pada th. ajaran 2012/2013.

Akhirnya, kompetensi ketrampilan TKJ yang termasuk baru di sekolah ini jadi satu diantara bagian favorite dengan jumlah siswa 228 dengan enam kelas di th. ajaran 2013/2014. Kepala Sekolah (Kepsek) SMKN 5 Kota Bandung, Drs Tatang Gunawan, sebagai pemrakarsa lahirnya kompetensi ketrampilan TKJ, menyampaikan, ke depan bagian ini bakal banyak memerlukan tenaga kerja yang kuasai tehnologi info.

Karenanya, kata dia, SMKN 5 juga sebagai instansi pendidikan yang bertugas melahirkan lulusan yang berakhlak mulia, trampil, mandiri, berbasis kewirausahaan dalam lingkungan belajar yang kondusif, mesti pro aktif menanggapi perubahan yang berlangsung. ‘’Ini sesuai sama moto kami membuat siswa yang kompeten serta siap masuk dunia kerja, ’’ujar dia seperti dikutif dalam website resmi sekolah ini.